person holding a quran

Mengaji di Masjid

Di bulan suci Ramadhan ini mengaji adalah salah satu ibadah yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Kata ustadz-ustadz dalam ceramahnya, sebaiknya menyelesaikan 1 Juz dalam sehari, sehingga sebelum lebaran sudah khatam 1 Al Qur’an 30 Juz.

Alhamdulillah, dari kecil kami sekeluarga juga diajarkan untuk setidaknya membaca 1 Juz Al Qur’an sehari, dan Alhamdulillah kami mampu menjalankannya secara rutin dan bisa khatam hampir setiap tahun (saya sempat tidak khatam Al Qur’an dalam bulan Ramadhan beberapa tahun lalu).

person holding a quran
Photo by Michael Burrows on Pexels

Sekarang, disaat sudah berumur segini pun sebaiknya juga tetap menjalankan kebiasaan khatam dalam bulan suci Ramadhan. Memang setiap tahun selalu ada banyak kesibukan yang membuat kita tidak sempat membaca 1 Juz dalam sehari, dan saya juga mengalaminya. Apalagi saat ini ada banyak sekali godaan yang membuat kita tidak rutin mengaji, yang menurut saya salah satu sumbernya adalah dari gadget.

Oleh karena itu, supaya bisa terhindar dari FOMO (Fear Of Missing Out) untuk memegang hp, melihat update apapun di media sosial, mengecek whatsapp, salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan mengaji di Masjid.

Memang tidak serta merta bisa langsung membaca 1 Juz, namun dengan cara ini kita bisa menjadi lebih fokus membaca mushaf Al Qur’an. Di Masjid biasanya ada orang lain juga yang membaca Al Qur’an, dan ini bisa menjadi motivasi supaya kita bisa betah mengaji di masjid, dan Insha Allah target khatam Al Qur’an dalam bulan Ramadhan ini bisa tercapai.

Semoga kawan-kawan sekalian juga bisa khatam Al Qur’an dalam bulan suci Ramadhan ini. Aaamiin.

Share the Post
Default image
Rizqi Fahma

I read, I write, I bike, I swim, but I don't smoke.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.